Proses karantina Ikan Sebelum Masuk Media Bioflok 651


Perihal Karantina. Karantina hukumnya Wajib.


Sedikit sharing dari saya yg masih turut belajar pula, siapa tau bisa berguna untuk para pembudidaya.
Saya Karantina ikan hampir setiap minggu, krn ikan datang seminggu sekali.

Ada 2 hal yg saya lakukan saat karantina.
Specific & General.

Specific.
Dilakukan Saat ikan menunjukkan gejala penyakit tertentu
General.
Dilakukan Saat semua ikan datang, baik yg sehat / sakit.



Perlakuan.
Specific : note ikan bisa mempunyai gejala penyakit yg sama meskipun sebenarnya penyakitnya berbeda & obat / treatmentnya juga berbeda, maka diperlukan ketelitian & observasi dari perilaku & fisik secara khusus.

Sebenarnya Tidak ada obat ikan yg general, karena penyebabnya juga beda2..
Misal pemberian antibiotik yg hanya ampuh untuk bakteri tetapi tidak untuk jamur, kutu,  cacing, dan parasit lain.

Karena listnya banyak sekali saya bagi link yg bagus

http://o-fish.com/Hama_Penyakit.php

http://hati-aquarium.blogspot.com/2014/04/jenis-jenis-penyakit-yang-menyerang.html?m=1


Saya share juga pdf buku saku penyakit ikan.
Untuk sharing treatment & obat ikan yg saya gunakan berdasarkan pengalaman saya, bisa saya susulkan nanti.

General : karena tidak ada obat ikan yg pada prinsipnya general, maka disini saya menggunakan desinfektan / sterilizer agent.
Saya biasanya menggunakan

* PK / Potassium permanganate / Kalium Permanganat.
Harus digunakan dengan sangat cermat dan terukur karena salah dosis ikan bisa mati.
Dosis saya :1gr/10L air, HANYA untuk "mandi" / perendaman  SELAMA 5MENIT..!!!
 dosis 2gr/m3 air,untuk perendaman jangka panjang.

* Formaldehyde, 2ml / 10 liter, perendaman / mandi max 30 menit.

Seringkali, beberapa penyakit bisa langsung di eliminasi dengan treatment general, tetapi untuk ikan2 yg sdh parah biasanya tidak kuat dan bisa mati, maka diperlukan perlakuan specific.

Comments